Laboratorium Keperawatan FKM UMI Berbasis Rumah Sakit Mini

Dosen Prodi Keperawatan FKM UMI Sunarti S.Kep., Ns., M.Kes, saat ditemui di Ruang Dosen FKM UMI.

Dosen Prodi Keperawatan FKM UMI Sunarti S.Kep., Ns., M.Kes, saat ditemui di Ruang Dosen FKM UMI..

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Program Studi (Prodi) Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI) memiliki laboratorium berbasis mini rumah sakit.

Hal ini disampaikan, Dosen Prodi Keperawatan FKM UMI Sunarti S.Kep., Ns., M.Kes, saat ditemui di Ruang Dosen FKM UMI, Selasa 2 Januari 2018.

Sunarti sapaan akrabnya menyampaikan, laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menyerupai kondisi Rumah Sakit (RS).

“Laboratorium inilah yang digunakan sebagai sarana pembelajaran dan pengenalan awal bagi mahasiswa sebelum melanjutkan proses praktek klinik di RS,” ujarnya.

Sunarti mengatakan, salah satu kelebihan dari laboratorium berbasis mini hospital ini, mahasiswa sudah bisa beradaptasi dengan kondisi RS.

“Tentunya yang kami harapkan agar mahasiswa dapat menjadikan fasilitas kampus ini sebagai media pembelajaran yang baik, karena belum semua kampus menerapkan seperti ini,” tuturnya.

Adapun perlengkapan yang tersedia dalam laboratorium mini hospital ini yaitu, Poli klinik (rawat jalan), Instalasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unit (ICU), Rawat inap, Ruang bedah (kamar operasi), Ruang bersalin, Perawatan anak dan perinatologi.

Selanjutnya, Pelayanan Ante Natal Care (ANC), Intra Natal Care (INC), Pos Natal Care (PNC), Pelayanan lansia, keluarga dan komunitas, Ruang Pelayanan khusus pasien penyakit jiwa dan Pelayanan administrasi. (**)