SNMPTN-SBMPTN 2018: Akan Diikuti 85 PTN

Ilustrasi.

Ilustrasi.

JAKARTA, DJOURNALIST.con – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 secara resmi diluncurkan Jumat 12 Januari 2018 diselenggarakan di Auditorium Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jakarta Pusat.

Peresmian ini dilakukan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, bersama Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN Ravik Karsidi, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Kadarsah Suryadi, dan disaksikan oleh para Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia, Wakil dari beberapa Sekolah SMA/SMK/MA di Indonesia, serta para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti.

“Semua sekolah diharapakan dapat memasukkan data melalui PDSS. Karena besok, 13 Januari, sudah dimulai pendaftaran, saya mohon betul-betul dari sekolah, jangan sampai menyampaikan data yang tidak riil alias memanipulasi data. Kepala Sekolah harus memverifikasi dengan benar,” harap Nasir.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pusat Ravik Karsidi menyampaikan, SNMPTN-SBMPTN tahun 2018 akan diikuti 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), berdasarkan data SNMPTN tahun 2017 jumlah sekolah yang mendaftar PDSS sebanyak 14.790 sekolah dan jumlah pendaftar peserta adalah 130.854 peserta.

“Dari semua data di tahun lalu, kami akan tingkatkan lagi jumlahnya pada tahun ini. Secara khusus juga, alikasi PDSS dan pendaftaran siswa yang merekam prestasi akademik siswa yang diisikan oleh sekolah sudah siap digunakan dan diakses oleh sekolah pada tanggal 13 Januari 2018 sampai dengan 10 Februari 2018,” terangnya. (**)