Besok, Penyaringan Lima Balon Rektor Unhas Digelar

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Universitas Hasanuddin akan menggelar tahap penyaringan Bakal Calon (Balon) Rektor Periode 2018 – 2022 Rabu, 24 Januari 2018 di Baruga AP Pettarani.

Kegiatan yang rencananya dimulai pukul 08.00 bakal dihadiri civitas akademika, anggota senat akademik, majelis wali amanah, dan undangan lainnya.

Sebelumnnya proses pemilihan rektor telah dimulai sejak Agustus 2017 dan telah melalui tiga tahapan yaitu, Penjaringan, Penyaringan, serta Pemilihan dan Penetapan.

Tahap penjaringan oleh Panitia Pemilihan Rektor yang dibentuk oleh Majelis Wali Amanat telah menghasilkan 5 (lima) orang bakal calon, yaitu, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH, Prof. Dr. Muhammad Yunus Zain, SE, MA, Dr. Eng. Ir. Muhammad Ramli, MT, Dr. Muhammad Ikram Idrus, SE, MS.

Kelima bakal calon rektor ini selanjutnya diteruskan ke Senat Akademik, untuk proses penyaringan menjadi 3 (tiga) orang Calon Rektor. Untuk itu, Senat Akademik telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Penyaringan Bakal Calon Rektor Unhas Periode 2018 – 2022 yang diketuai oleh Prof. Dr. H. Hafied Cangara, MS.

Puncak tahapan penyaringan oleh Senat Akademik yang akan berlangsung pada Rabu, 24 Januari 2018 terdiri dari pemarapan visi, misi, dan program kerja oleh masing-masing bakal calon rektor, dilanjutkan dengan pemungutan suara oleh anggota senat akademik.

Pada sesi pemaparan visi, misi, dan program kerja, masing-masing bakal calon rektor akan mempresentasikan kertas kerja dihadapan tim panelis dan civitas akademik. Para panelis berjumlah 3 (tiga) orang, yaitu, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc mantan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, yang akan memberikan ulasan dari sisi pencapaian World Class Universiti, Prof. Dr. Ir. Radi A. Gany, Rektor Unhas periode 1997 – 2006), akan memberikan ulasan dari sisi peran universitas dan kemandirian lokal dan Prof. Dr. Dadang Ahmad Suriamihardja, M.Sc Mantan Wakil Rektor Bidang Akademik periode 2006 – 2014), akan memberikan ulasan dari sisi tata kelola perguruan tinggi berbasis Good University Governance.

Pada kesempatan ini, juga akan dibuka sesi tanya jawab dengan audiens yang hadir, dimana jalannya pemaparan visi, misi, dan program kerja akan dipandu oleh Prof. Dr. dr. Nurpudji Astuti Daud, MPH, Sp.GK.

Setelah acara pemaparan visi, misi, dan program kerja selesai, sebanyak 86 orang anggota Senat Akademik akan memberikan suara melalui mekanisme voting, dengan prinsip “one man one vote”, untuk memilih bakal calon rektor yang akan ditetapkan sebagai Calon Rektor.

Sebanyak 3 (tiga) bakal calon rektor yang memperoleh suara terbanyak selanjutnya akan ditetapkan sebagai Calon Rektor Unhas Periode 2018 – 2022.

Proses penyaringan oleh Senat Akademik yang akan menghasilkan 3 (tiga) nama Calon Rektor ini diharapkan akan selesai pada sore hari yang sama, Rabu, 24 Januari 2018.

Ketiga nama Calon Rektor yang dipilih oleh Senat Akademik selanjutnya akan diteruskan kepada Majelis Wali Amanat (MWA), yang akan segera mempersiapkan Rapat Pleno Pemilihan dan Penetapan Calon Rektor Unhas menjadi Rektor Unhas Periode 2018 – 2022. (Humas)