“Pecandu” Aksara Sukses Menggelar Event Temu Pembaca dan Penulis Makassar

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Salah satu komunitas Makassar yang fokus bergerak di budaya literasi, Pecandu Aksara sukses menggelar event Temu Pembaca dan Penulis Makassar untuk yang ke-4 kalinya, “Makassar Bersastra jilid 4 (MB 4)”. Minggu, 25 Januari 2018 pekan lalu.

Kegiatan yang berlangsung di Sao Eating lantai 2, Mall Ratu Indah (MARI) ini diikuti hampir 100 orang peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemerhati serta pegiat literasi.

“Saya mengapresiasi teman-teman Pecandu Aksara karena bisa melahirkan karya, baik dalam bentuk cerpen maupun puisi. Dan terima kasih kepada seluruh undangan dan peserta yang hadir,” ujar Ketua Panitia Pelaksana, Alif, Selasa 30 Januari 2018.

Event ini juga dirangkaikan dengan pelucuran tiga buku terbitan MIB Indonesia yang merupakan karya para Anggota Pecandu Aksara dan karya peserta dari salah satu kegiatan Pecandu Aksara, yakni Celebes Writing Battle. Ketiga buku tersebut yakni Struktural Cinta, Surat Kematian Cinta dan Sahabat.

Struktural Cinta merupakan karya alumni kegiatan rekrutmen komunitas Pecandu Aksara, Writing Camp jilid 2. Penulis-penulis dari karya tersebut berjumlah 15 orang yang diwakili oleh Bang O, Charis Munandar, Ayu Rezkia, dan Haidir Akbar.

“Ada banyak versi cinta di dalam buku Struktural Cinta. Mulai dari cinta remaja kepada lawan jenisnya, cinta kepada sahabat, cinta kepada keluarga, sampai cinta kepada yang menciptakan cinta itu sendiri,” kata Bang O.

Buku kedua yang diluncurkan, Surat Kematian Cinta yakni hasil karya 8 penulis alumni kursus yang diselenggarakan oleh penerbit MIB Indonesia. Hadir sebagai pembicara mewakili penulis Surat Kematian Cinta yakni Aurora Rahmah, Damar Al Manakku, Ilyas Ibrahim dan Azimah Nahl.

“Kenapa saya memilih judul Surat Kematian Cinta, karena dari judul cerpen inilah telah mewakili semua isi masing-masing cerpen, membahas kematian cinta, kematian keadilan cinta, dan wasiat kematian,” ungkap salah seorang penulis Surat Kematian Cinta yang juga merupakan Pimred MIB Indonesia, Aurora Rahmah.

Ada hal unik dari event ini yakni hadirnya penulis-penulis cilik yang merupakan para penulis dari buku Sahabat, buku ketiga yang diluncurkan di event ini.

Sahabat adalah buku kumpulan cerpen yang ditulis oleh 11 pelajar SD dan SMP IT Al Akhyar. kesebelas pelajar ini adalah alumni peserta lomba Celebes Writing Battle yang digelar oleh Pecandu Aksara di bulan Oktober lalu.

“Saya suka nulis sejak TK karena kegemaran saya membaca sampai akhirnya sekarang bisa nulis cerpen dan dibukukan,” ucap Hanifa, salah seorang penulis Sahabat yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) IT Al Akhyar.

Para penulis cilik ini berhasil memukau ratusan peserta yang hadir memadati lantai 2 Sao Eating MARI.

Sebagai penutup kegiatan, kesebelas penulis cilik ini mempersembahkan karya pantun dan puisinya kepada seluruh peserta yang hadir.(**)