Ilmu Komunikasi UINAM Mengintegrasikan Agama dan Teknologi

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Makassar (UINAM) hadir sebagai pembeda dari ilmu komunikasi lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, jurusan ini mengintegrasikan berbagai ilmu seperti ilmu pengetahuan, ilmu agama dan tekhnologi.

Dalam proses perkuliahan pun, Ikom juga kerap menggelar latihan talkshow bagi mahasiswa semester 5 sebagai ajang kreatifitas di dunia broadcasting.

Hal ini dibuat sebagai upaya membuat gebrakan baru demi memperkenalkan ikom kepada para pelajar yang berniat akan menempuh bangku perkuliahan dan memilih program studi (prodi) tersebut.

Tidak hanya sebagai media promosi, upaya ini sekaligus persiapan mental dan akademik bagi para siswa yang tertarik pada dunia komunikasi.

Bahkan mahasiswa yang memilih jurusan ini tak hanya sekedar mempelajari mata kuliah ilmu komunikasi semata, akan tetapi juga mengidentifikasi hubungan Ikom dengan agama islam. Inilah yang membedakan jurusan ini dengan Ikom pada umumnya.

Salah satu Dosen Jurusan Ikom, Harmin Hatta menuturkan, selain belajar di kelas, praktik dunia broadcasting terkait talkshow keagamaanpun sering dilakukan mahasiswa.

” Setiap tahunnya fasilitas tentang dunia broadcasting pun makin berkembang di jurusan Ikom, hal ini membuat kita lebih mudah untuk memperkenalkan dunia Ikom kepada mahasiswa,”papar Harmin.

Untuk fasilitas, Ikom UINAM, juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang perkuliahan, diantaranya laboratorium televisi, laboratorium design grafis, laboratorium radio, serta studio photo. Fasilitas inilah yang akan membantu mahasiswa lebih mengenal dunia broadcasting. (**)