Unhas Lantik Pengurus UKM

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Dengan mengambil tema “Junjung Kebersamaan Raih Prestasi,” pejabat Kampus Universitas Hasanuddin Bidang Kemahasiswan dan Alumni menyelenggarakan acara pelantikan bersama pengurus baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) periode 2018, di ruang terbuka GOR, kompleks UKM Unhas, Jumat 2  Januari 2018

Acara yang dihadiri ratusan mahasiswa UKM ini diawali dengan persembahan tarian Paduppa dari UKM Seni dan Tari, serta lagu Indonesia Raya dan Mars Unhas yang dibawakan oleh UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unhas.

Setelah mendengarkan lagu nasional dan Himne Unhas, acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia kegiatan Taufik Ibrahim, S.Sos, MM.

Menurut laporan Taufik, jumlah UKM yang dilantik pengurusnya sebanyak 31 UKM dari 32 UKM yang terdiri atas, 15 UKM Olahraga, 8 UKM Seni, 6 UKM Kekhususan, dan 2 UKM Penalaran.

” Kami harapkan UKM-UKM ini bekerja maksimal, sehingga memberikan kontribusi yang baik bagi universitas yang tercinta ini, ” harap Taufik dalam sambutan pendeknya.

Usai laporan pihak panitia tersebut, agenda kegiatan diisi dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus UKM se-Unhas dari Nidang Kemahasiswaan yang diramaikan dengan aplaus dan sorakan gembira para mahasiswa dan pengurus masing-masing UKM.

Kegiatan yang digelar setiap awal tahun ini juga diisi dengan persembahan tarian tradisional bugis, Sompereng Lino, dari UKM Seni dan Tari Unhas.

Tarian ini tampak membuat peserta kegiatan terhibur dan syahdu menyaksikan alunan gendang dan gerakan tari yang apik dan menawan.

” Demi Allah saya bersumpah saya akan menjalankan kewajiban saya sebagai pengurus UKM dengan ikhlas, amanah, disiplin, dan bertanggung jawab. Saya bersumpah akan menaati anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, yang berlaku di organisasi saya. Saya bersumpah senantiasa mentaati ketentuan; tata tertib kehidupan kampus dan kode etik mahasiswa, universitas Hasanuddin. Saya bersumpah apabila saya melanggar atau menyimpang dari apa yang telah saya sebutkan tadi maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” sumpah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Dr. Ir Abdul Rasyid Djalil, M.Si., yang diikuti oleh seluruh ketua UKM yang dilantik

Abdul Djalil dalam sambutannya memberikan wejangan kepada mahasiswa untuk memperhatikan waktu ibadah. Sebab ibadah adalah perkara prinsip dan dasar yang tidak boleh disepelekan oleh mahasiswa dan pengurus UKM.

“Jika ingin belajar jadi pemimpin belajarlah untuk dipimpin. Hayati dan renungi fungsi dan peran masing-masing,” ujar dosen
Fakultas Kelautan dan Perikanan tersebut di hadapan jajaran pengurus UKM se-Unhas.

Kegiatan pelantikan ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Irwan, mahasiswa dari UKM Lembaga Dakwah Kampus MPM Unhas. (Humas).