Presiden Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Kritik Forum Rektor se-Indonesia

Presiden Mahasiswa Universitas Islam Nengeri (UIN) Alauddin Makassar, Azkar Nur

Presiden Mahasiswa Universitas Islam Nengeri (UIN) Alauddin Makassar, Azkar Nur.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com-Presiden Mahasiswa Universitas Islam Nengeri (UIN) Alauddin Makassar, Azkar Nur angkat bicara terkait kegiatan Forum Rektor se-Indonesia (FRI) yang dilaksanakan di Universitas Hasanuddin yang digelar, kamis 15 Februari 2018 kemarin.

“Kami kecewe dengan ada forum rektor yang sama Sekali tidak melibatkan mahasiswa, padahal yang menjadi pembicaraan terkait kondisi pendidikan tinggi,”ujar Azkar, Jumat 16 Februari 2018.

Ia menjelaskan, kondisi pendidikan tinggi saat ini tidak berjalan sesuai koridor. Menurutnya, Ddngan munculnya berbagai kasus tentang pendidikan tinggi di masing-masing kampus seperti persoalan uang kuliah tunggal dan biaya kuliah tunggal ( UK- BKT ). Selain itu di Perguruan tinggi swasta (PTS) biaya kuliah mahal.

“Tapi yang terjadi di lapangan justru UKT-BKT menjadi bumerang tersendiri bagi mahasiswa, ada beberapa kasus mengenai UKT, yakni persoalan kategori yang tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi sehingga banyak mahasiswa yang tidak bisa lagi melanjutkan kuliah padahal sesuai penerapannya UKT untuk mempermudah akses pendidikan, inikan sudah kontradiksi kalau s3perti ini,”katanya.

“Belum lagi persoalan drop out (DO) dan skorsing yang sering dilancarkan pihak kampus dengan sewenang-wenang,”dia menambahkan. (**)