Selamat, Prof Dwia Kembali Pimpin Unhas Periode 2018-2022

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Hari ini, Kamis, 1 Maret 2018, Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Hasanuddin memilih dan menetapkan Rektor Unhas Periode 2018 – 2022.

Acara pemilihan dan penetapan ini berlangsung pada Rapat Paripurna Terbuka Luar Biasa Majelis Wali Amanat dan sekitar 170 undangan, di Ruang Rapat Senat Akademik, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas.

Rapat Terbuka yang dipimpin oleh Ketua MWA, Prof. Dr. Basri Hasanuddin, MA, diawali dengan pemaparan visi dan misi oleh masing-masing calon Rektor, berturut-turut, Prof. Dr. Ir. Abrar, SH, MH, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA,  dan Dr. Eng. Muhammad Ramli, MT.

Setelah pemaparan visi dan misi, dilanjutkan dengan sesi pertanyaan dari beberapa anggota MWA, yang dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Ambo Ala, MSc sebagai moderator.

Pada rapat tertutup yang berlangsung di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, seluruh anggota MWA yang hadir mencapai kata sepakat untuk menetapkan Rektor Unhas Periode 2018 – 2022 secara aklamasi.

Selanjutnya, juga disepakati untuk memilih dan menetapkan Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA sebagai Rektor Terpilih Periode 2018 – 2022.

Ketua MWA Prof. Basri Hasanuddin, MA langsung membacakan hasil keputusan Rapat Tertutup anggota MWA, yaitu memilih dan menetapkan Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA sebagai Rektor Unhas Periode 2018 – 2022.

Keputusan ini didasarkan pada pertimbangan terhadap hasil penghitungan suara di tingkat Senat Akademik, hasil asesmen psikologis, hasil pemeriksaan kesehatan, dan pertimbangan lainnya.

Anggota MWA Unhas seharusnya berjumlah 19 orang. Namun, karena belum ada wakil mahasiswa, maka jumlah anggota MWA adalah 18 orang.

Sesuai aturan dalam statuta Unhas, Rektor dan Ketua Senat Akademik (yang merupakan anggota MWA ex-officio) tidak memiliki hak suara dalam pemilihan rektor. Dengan demikian, anggota MWA yang memiliki hak suara dalam pemilihan rektor berjumlah 16 orang.

Sementara itu, dari total 18 orang anggota MWA, sebanyak tiga orang diantaranya tidak hadir pada Rapat Terbuka Luar Biasa ini, masing-masing, Ketua Ikatan Alumni Unhas atau wakil alumni (dijabat oleh Bapak H.M. Jusuf Kalla), Gubernur Sulawesi Selatan (Syahrul Yasin Limpo) dan Gita Wirjawan (wakil dari Tokoh Masyarakat).

 

Selanjutnya, Panitia Pemilihan Rektor (P2R) Unhas akan mempersiapkan proses pelantikan oleh Ketua MWA Unhas, yang direncanakan berlangsung pada minggu keempat bulan April 2018. (*)