120 Mahasiswa Terima Beasiswa dari BI Sulsel

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Bank Indonesia (BI) Sulsel memberikan bantuan beasiswa kepada 120 mahasiswa strata satu dari tiga Perguruan Tinggi Negeri di Makassar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Bambang Kusmiarso mengemukakan, beasiswa itu merupakan tindak lanjut dari program sosial Bank Indonesia secara nasional dengan Komisi XI DPR RI.

” Berharap beasiswa ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, ini upaya kita sesuai instruksi dan arahan komisi XI meningkatkan beberapa kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pendidikan beasiswa kepada masyarakat,” ujar Bambang Kusmiarso, di Hotel Ibis Style Ratulangi, Senin 12 Maret 2018.

Bank Indonesia Sulsel mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,56 Miliar untuk beasiswa di empat perguruan tinggi di Kota Makassar yaitu Universitas Islam Negeri Makassar, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Hasanuddin.

Masing-masing mahasiswa menerima bantuan biaya pendidikan sebesar Rp1,5 juta setiap bulannya untuk 20 mahasiswa Unhas, UIN 50 orang masing-masing menerima Rp 1 juta setiap bulannya dan
UNM 50 orang masing-masing menerima Rp1 juta setiap bulannya.

Bambang mengaku, program sosial Bank Indonesia dalam bentuk beasiswa saat ini hanya diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

Karena itu BI, kata dia, belum memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi swasta.

” Namun setiap tahun ke tahun kita akan evaluasi dan lakukan perbaikan termaksud melakukan perluasan ke tingkat perguruan tinggi swasta sesuai arahan DPR,” tambah Bambang.

Terkait hal itu, HM Amir Uskara M Kes Anggota DPR RI menilai konsep BI dalam merealisasikan Indonesia cerdas lewat bantuan sosial biaya pendidikan, sejalan dengan konsep pemerataan pendidikan untuk masyarakat Indonesia di setiap daerah yang dicanangkan Komisi XI.

” Kita minta ke BI untuk memperluas jumlahnya sampai ke Perguruan Tinggi Swasta. Saat ini kita sudah diskusikan jangan hanya PT Negeri yang dibantu menerima beasiswa. Tapi juga swasta juga harus dipilih dan mereka punya berkompeten,” tutup Amir Uskara. (**)