Pemilihan Calon Dekan FISIP Unhas, Dua Kandidat Memperoleh Suara Terbanyak

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pemilihan calon dekan FISIP Unhas Periode 2018-2022 oleh Senat FISIP berlangsung baru-baru ini.

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Senat FISIP Unhas ini berlangsung di Gedung Pertemuan Ilmiah, Kampus Unhas Tamalanrea.

Sebanyak 40 orang dari 41 anggota Senat FISIP menghadiri acara ini. Satu orang anggota Senat yang tidak hadir, yaitu Prof. Dr. Ilmi Idrus yang juga merupakan Rektor Universitas Muslim Maros tidak hadir hingga berakhirnya pemilihan.

Acara pemilihan diawali dengan pemaparan visi dan misi oleh tujuh orang bakal calon, berturut-turut sesuai nomor urut bakal calon, yaitu:

1. Prof. Dr. Akmal Ibrahim, MS
2. Prof. Dr. Supriadi Hamdat, MA
3. Dr. Hasniati, S.Sos, M.Si
4. Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si
5. Prof. Dr. H. Sulaiman Asang, MS
6. Dr. Hasrullah, MA
7. Drs. H. Darwis, MA, Ph.D

Usai pembacaan visi misi, dilanjutkan dengan pemungutan suara oleh anggota senat yang hadir. Hasil penghitungan suara senat adalah:

Prof. Dr. Akmal Ibrahim, MS (15 suara)
Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si (15 suara)
Dr. Hasniati, S.Sos, M.Si (3 suara)
Drs. H. Darwis, MA, Ph.D (3 suara)
Dr. Hasrullah, MA (2 suara)
Prof. Dr. H. Sulaiman Asang, MS (1 suara)
Prof. Dr. Supriadi Hamdat, MA (0 suara)
Suara tidak sah / batal (1 suara)

Sesuai ketentuan, senat Fakultas harus mengirimkan 3 nama yang memperoleh suara terbesar kepada Rektor Unhas untuk diproses lebih lanjut sebagai Dekan terpilih.

Maka, untuk menentukan nama ke-3 yang akan dikirimkan kepada Rektor, diadakan pemilihan tambahan khusus untuk bakal calon yang sama-sama meraih 3 suara. Pemilihan tambahan tersebut dimenangkan oleh H. Darwis, MA, Ph.D.

Dengan demikian, pemilihan calon dekan FISIP Unhas Periode 2018 – 2022 menghasilkan tiga nama untuk disampaikan kepada Rektor Unhas, masing-masing (berdasarkan urutan alfabet):

1. Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si
2. Drs. H. Darwis, MA, Ph.D
3. Prof. Dr. Muhammad Akmal Ibrahim, MS

Calon dekan ini masih akan melalui beberapa tahapan lagi, termasuk asesmen psikologi dan tes wawancara yang akan dilakukan oleh Rektor Unhas dan tim pertimbangan jabatan Unhas.(humas)