Sambut Hardiknas, UMI Tuan Rumah Gerak Jalan Sehat Lingkup Kopertis IX

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2018 mendatang, Kordinator Kordinasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Kopertis) wilayah IX Sulawesi menyelenggarakan kegiatan Jalan Santai Minggu 29 April 2018.

Gerak jalan santai dilepas langsung oleh Pj Gubenur Sulsel, Soni Sumarsono didampingi oleh Rektor UMI Makassar, Prof Dr Hj Masrurah Mukhtar, MA dan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin.

Kegiatan ini diiukuti ratusan PTS lingkup Kopertis wilayah IX di Kampus UMI Makassar.

 

Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mukhtar, dalam sambutan sebagai tuan rumah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang andil dalam menyukseskan kegiatan event nasional ini.

Menurutnya, Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hardiknas ini disuguhi berbagai lomba serta doorprize lainya.

“Ada banyak rangkaian kegiatan acara. Antara lain, lomba bola volly, tenis meja, bulu tangkis, senam maumere, tarik tambang, debat bahasa inggris, donor darah dan pengobatan massal pemeriksaan kesehatan, gigi dan mulut dan masih ada kegiatan lainya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjut Rektor dua periode ini. Pihaknya sangat mengharapkan dukungan dan suport semua pihak termasuk Penjabat Pemprov Sulsel dan Kopertis demi suksesnya kegiatan ini.

“Ini akan dilaksanakan selama satu minggu momentum hardiknas. Tentu kami sangat harapkan dukungan dan suport semua pihak,” harap Masrurah.

Sementara itu, koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasrudin dalam arahannya menuturkan kopertis wilayah IX Sulawesi saat ini membawahi 369 PTS yang tersebar di berbagai wilayah.

Dengan begitu lanjut dia, melalui Hardiknas PTS yang dibawah bisa menjalankan aktivitas dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan pendidikan yang berkualitas di perguruan tinggi.

“Kopertis Wilayah IX saat ini membawahi 369 PTS. Sekitar 100 kampus atau PTS berada di kota Makassar, harapan kami pimpinan kampus harus berkomitmen tingkatkan kualitas pendidikan agar kualitas mutu pendidikan tetap sehat,” singkatnya.

Sebelum melepas gerak jalan santai. Pj Gubenur Sulsel, Soni Sumarsono mengatakan, kegiatan jalan santai ini selain menyongsong hardiknas 2 mei 2018 juga sebagai ajang silaturahmi antar pemerintah Provinsi Sulsel dan dunia perguruan tinggi termasuk UMI Makassar.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang silaruhmi, agar tetap menjaga kekompokan persatuan jelang pilkada. Politik tak merusak keakraban kita semua,” tuturnya.

Sebagai Pj Gubernur Sulsel, sangat berharap dunia kampus dan masyarkat harus bersinergi melahirkan calon intelektual yang memiliki komitmen, konsisten dan integritas yang baik.

“Saya harap banyak kampus di Makassar menunjang bisa melahirkan pemimpin komitmen terhadap waktu. Selain itu, kampus akan lahir para intelektual komitment, konsisten dan integritas,” harap eks Pj Gubenur DKI Jakarta itu.

Pelepasan jalan santai ini mengambil garis star dan finish di pelataran Auditorium Al Jibra UMI Makassar, sekitar jam 07.00 Wita. Rute perjalanan Jalan, Urip Sumohaejo ke Jl. AP Pettarani, Jl. ABdesir, Jl. Raccing Centre. Kembali ke Jl. Urip dan finish di UMI. Setelah gerak jalan dilanjutkan senam maumere dan tarik tambang. (**)