Pendaftaran PPDB Bisa Pakai Fotocopy KK Tanpa Legalisir

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – ‎Kurangnya koordinasi terkait perubahan aturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019, membuat Kantor Dinas Catatan Sipil Kota Makassar, ramai didatangi warga untuk melakukan legalisir Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran sebagai salah satu syarat pendaftaran peserta didik.

Kepala Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Nielma Palamba, mengatakan bahwa kebanyakan orangtua calon siswa ajukan protes dan merasa keberatan, karena baru mengetahui hal itu saat jadwal pendaftaran‎ sudah dekat.

“Dari hasil mendengar aduan orang tua siswa yang mendatangi kantor kami (Disdukcapil Makassar) katanya aturan legalisir KK dan akte kelahiran baru diketahui saat pendafatarn sekola terbuka. Nah karena itu orang tua siswa semuanya datang ingin melegalisir,” kata Nielma, kepada djournalist.com, Jum’at 22 Juni 2018.

Oleh karena itu, Nielma, melakukan koordinasi langsung dengan Disdukcapil Provinsi Sulawesi Selatan untuk meminta persyaratan legalisir KK dan Akte Kelahiran ditiadakan, karena dianggap memberatkan orangtua calon siswa serta waktu waktu pendaftaran yang cukup singkat.

“Setelah mendangar itu saya langsung koordinasi dengan Disdukcapil Provinsi dan kemudian Disdukcapil Provinsi koordinasi dengan Dinas Pendidikan Sulsel. Hasilnya sekarang tidak perlu legalisir,” jelasnya.

Dengan ada koordinasi itu, Kadiscapil Makassar langsung mengumumkan kepada seluruh orangtua siswa untuk kembali mendaftarkan anaknya ke sekolah tanpa legalisir KK dan Akte Kelahiran.

Cukup foto copy ijazah dan Kartu Keluarga, para orangtua sudah bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah.

“Saya sudah umumkan tadi langsung. Dan sekarang masyarakat sudah berangsur-angsur meninggalkan kantor capil Makassar,” tutupnya. (**)