Padukan Makanan Khas Daerah, Mahasiswa Politeknik Bosowa Juarai PKM Kewirausahaan

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Riset, Tekhnologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti).

Program ini akan memberikan modal awal bagi para pemenang sebagai wujud apresiatif pada hasil kreatifitas mahasiswa.

Selanjutnya mahasiswa akan bertanggung jawab dengan pengelolaan dana yang telah disalurkan dalam bentuk laporan pertanggung jawaban.

Empat orang mahasiswa Politeknik Bosowa merupakan salah satu team yang mengikuti program tersebut.

Dengan mengangkat judul “SUSHI TUDEY” mereka mampu menjadi pemenang, yang diumumkan secara resmi oleh Ristekdikti pada tanggal 2 April 2018.

Mereka adalah Sulastri mahasiswa Program Studi Perhotelan, Gilang Saputra Ramadhan, Nailul Magfirah, dan Sakina Dwi Wahyu yang ketiganya dari Program Studi Perpajakan.

Sushi Tudey merupakan inovasi makanan yang dikembangkan dengan memadukan makanan tradisional songkolo (beras ketan) dan tude (kerang hijau). Ide ini muncul atas kreativitas peserta yang kemudian didiskusikan bersama dosen pembimbing.

“Ini diluar target kami sebenarnya, karena kami mengangkat makanan tradisional yang mungkin hanya masyarakat sulawesi yang mengenalnnya. Kami sangat bersyukur karena bisa menjadi pemenang, semoga dengan ini kami bisa menjadi calon-calon pengusaha besar nantinya,” ungkap Gilang Saputra Ramadhan, peserta PKM-Kewirausahaan, saat diwawancarai di Kampus Politeknik Bosowa.

Sushi Tude memiliki banyak manfaat diantaranya menjegah osteoporosis, cepat menyembuhakan luka, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan vitalitas pria, dan sebagai sumber protein.

Hal ini dikarenakan kerang yang memiliki kandungan protein yang tinggi juga kandungan lainnya seperti asam lemak, Omega 3, dan Vitamin E.

Selain dari kesehatan, Sushi Tudey juga dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat, karena untuk mendapatkan bahan-bahan yang segar dan sushi tudey tersebut, maka perlu dilibatkan peran para nelayan dan pengusaha kecil di pasaran. Sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat.

Dengan berbagai manfaat yang dapat diterima serta bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, maka sushi tudey memiliki peluang besar untuk dipasarkan dan diminati masyarakat luas, ditambah karena desain makanan ini mengikuti pola trend saat ini. (**)