Perkuat Kerjasama UMI & Thailand, Sekertaris Asisia Sekolah Islam Selatan Silaturrahmi Pimpinan UMI

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pelaksanaan KKN Mahasiswa UMI di Thailand merupakan salah satu program implementasi UMI dengan Asisia Sekolah Islam di Selatan Thailand.

Untuk menguatkan kerjasama yang telah terjalin, Sekertaris Asisia sekolah Islam di Selatan Thailand yang juga Bhguan Kegiatan internasional, Mr Amran Jehsoh berkunjung di UMI yang diterima langsung Rektor UMi Prof Dr H Basri Modding, SE MSi, Wakil Rektor I, Dr Ir Hanafi Ashad MT., Wakil Rektor II, Prof. Dr. H. Salim Basalamah SE MSi., Wakil Rektor III Prof. Dr H laode Husein SH MH., Wakil Rektor V, Prof. Dr. H Hatta Fattah dan juga Pengurus BIPA UMI.

Hadir Direktur BIPA Dra Hj Muli Umiaty Noer M.Hum, Kepala Kantor Urusan Internasional UMI Dr. Ir. Ayu Parawansa MS dan Kepala Humas UMI Nurjannah Abna di ruang Rektor Menara UMI Lt.9, Kamis 2 Agustus 2018.

Pertemuan tersebut selaim membahas evaluasi program yang sementara berjalan dengan ditempatkan beberapa mahasiswa Fakultas Sastra melaksanakan KKN, pertemuan ini juga sekaligus melaksanakan program pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur bahasa Asing di Thailand yang merupakan program BIPA UMI.

Mr Amran pun mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan UMI untuk kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan khususnya di Sekolah Islam di Selatan Thailand.

” Dengan diutusnya mahasiswa melaksanakan KKN sangat membantu anak didik kami dalam belajar bahasa Indonesia. Saya kira tidak hanya program KKN tapi program yang lain dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat dilaksanakan oleh dua negara,” ujar Amran yang fasih berbahasa Indonesia.

Sementara itu, Rektor UMI Prof Dr Basri Modding dalam kesempatan tersebut mengapresiasi BIPA UMI karena telah mengimplementasikan program kerjasama, ” Meskipun secara legalitas yang dituangkan dalam naskah MoU baru dilaksanakan tapi tidak mengurangi kuantitas dan kualitas program yang telah berjalan, “ujarnya.

” Insya Allah ke depan banyak hal yang bisa kita lakukan dalam upaya pengembangan instusi. Misal, mahasiswa Thailand dapat kuliah di UMI sesuai bidang ilmu yang diminati sebagai program pertukaran mahasiswa,”tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor V juga membahas kemungkinan dibentuknya pengembangan desa binaan di Thailand Selatan terlebih mendengar semangat dan minat kuliah anak-anak Thailand untuk dapat kuliah di Indonesia.(**)