Dosen Unibos Bantu Desa Pao Kembangkan Potensi Wisata

Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat.

Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Ekonomi Unibos, Farida, M.Si, I Nyoman Marianta, M.Si, Indrayani Nur, M.Si dan Dosen Fakultas Teknik Unibos, Dr. Syafri, MT.

Pengabdian masyarakat yang diusung dengan pokok penguatan potensi desa wisata berbasis ekowisata ini dikembangkan Dosen Unibos di Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Minggu 26 Agustus 2018.

Selain tim dosen Unibos bersama masyarakat daerah tersebut, kegiatan ini juga sepenuhnya didukung oleh Kepala Desa Pao yang turut andil dalam pengembangan desa wisata.

Salah satu pembenahan dan pengembangan yang dilakukan tim dosen Unibos dengan memberikan penataan objek wisata air terjun Bantimurung Gallang yang selama ini masih kurang diperhatikan oleh masyarakat setempat.

“Kami melakukan penataan tempat wisata ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi sehingga peminatnya semakin tinggi dan bisa menjadi ruang untuk menambah penghasilan desa tersebut. Sebab dilihat dari potensinya pun ini sangat mumpuni untuk dibangun lebih bagus lagi. Apa lagi Desa Pao ini memiliki visi untuk menjadi desa wisata”, kata Faridah, M.Si, tim dosen Unibos.

Pendampingan penataan desa wisata yang dilakukan dosen Unibos ini juga mendapat perhatian dari Kepala Desa Pao, Muh. Basri.

“Kami sangat bersyukur adanya program ini karena memang ini pertama kalinya pendampingan dilakukan di desa kami. Kami berharap ini bisa membantu masyarakat untuk belajar bagaimana mengelolah desa menjadi desa wisata. Bukan hanya dalam penataannya tetapi juga dalam manajerial dan pengelolaannya”, pungkas Kepala Desa Pao. (**)