Dosen Jepang ini Beri Kuliah Umum di Depan 1500 Maba Unibos

Dosen Fukuoka Institute of Technology Japan, Prof. Toshiyuki Moriyama berikan kuliah umum bidang ilmu teknik di Universitas Bosowa (Unibos).

Dosen Fukuoka Institute of Technology Japan, Prof. Toshiyuki Moriyama berikan kuliah umum bidang ilmu teknik di Universitas Bosowa (Unibos).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Dosen Fukuoka Institute of Technology Japan, Prof. Toshiyuki Moriyama berikan kuliah umum bidang ilmu teknik di Universitas Bosowa (Unibos).

Kuliah umum yang dihadiri para Wakil Rektor Unibos ini juga diikuti mahasiswa Fakultas Teknik Unibos bersama 1500 mahasiswa baru Unibos yang akan dikukuhkan senin besok.

Sebagai awal kegiatan mahasiswa baru, kuliah umum Prof Toshiyuki Moriyama mengusung tema Sustainable of Water.

Prof. Moriyama memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait bagaimana keberlanjutan proses air di bumi berlangsung dan bagaimana kondisi air bumi saat ini, termasuk proses terjadinya bencana alam banjir yang juga tidak hanya ada di Indonesia tetapi juga beberapa banjir besar yang terdapat di Jepang.

Prof. Moriyama yang memberikan pemaparan materi di Balai Sidang 45 Unibos mengungkapkan jika keberlangsungan air saat ini memang memiliki perubahan.

” Tetapi sebagai manusia juga bisa melakukan hal-hal untuk mengatasi kekeringan melalui pembuatan penampungan air cadangan yang bisa saja memanfaatkan air hujan”, kata Prof. Moriyama.

“Untuk mengurangi kekurangan air bersih sebagai manusia mestinya sadar bahwa kurangnya air bersih disebabkan dari perilaku manusia yang membuang sampah pada kali dan beberapa aliran air lainnya. Sehingga penumpukan ini akan menyebabkan peluapan dan volume air berlebih yang bisa menyebabkan bencana banjir”, tambahnya.(**)