Era Milenial Jadi Tantangan Bangsa Indonesia

Prof Dr Mahfud MD usai membawakan kuliah umum di Universitas Bosowa, Makassar, Rabu 19 September 2018.

Prof Dr Mahfud MD usai membawakan kuliah umum di Universitas Bosowa, Makassar, Rabu 19 September 2018.

MAKASSAR, DJOURALIST.com – Bangsa Indonesia memerlukan ketahanan diri untuk menghadapi perkembangan zaman yang terus berubah.

Khususnya di zaman milenial dimana dunia dapat dijangkau hanya dalam hitungan menit bahkan detik melalui Internet.

Hal itu diungkapkan Prof Dr Mahfud MD, saat diwawancarai usai membawakan kuliah umum di Universitas Bosowa, Makassar, Rabu 19 September 2018.

“Era milenial itu kan dunianya dunia gadget, dunia tanpa batas, tanpa sekat fisik dan disitu kan banyak pengaruh-pengaruh dari luar. Kalau Indonesia ini tetap tegak kokoh, maka kaum milenial ini harus punya ketahanan diri,” kata Mahfud kepada awak media.

Ketahanan diri yang dimaksud dalam hal ini yaitu ketahanan sebagai anak bangsa yang sadar akan kepemilikin dan kecintaan terhadap tanah air.

“Harus sadar bahwa negara ini adalah negara mereka yang harus dipertahankan dengan segala ciri khasnya,” jelasnya.

Kaum milenial dituntut untuk bisa memperkaya diri dengan pengetahuan dan etika, moral yang baik. Pasalnya pengaruh yang ditimbulkan oleh dunia luar melalui gadget, IT dan lainnya harus dapat disaring oleh diri masing-masing.

“Adapun nilai-nilai luar yang masuk secara instan melalui dunia gadget, IT dan sebagainya itu perlu di saring sendiri. Itulah perlunya  generasi mudah mempelajari bangsanya,” sanbung Mahfud.

Pada kesempatan tersebut, Mahfud MD mengutip perkataan Bung Karno. “JASMERAH (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah) kata bung karno , karena dari sejarah itulah anda akan tahu siapa anda dan bagaimana nasib anda kedepan,” tutupnya. (**)