HMJ Fisika FMIPA UNM Gelar Gravitasi 2018

MAKASSAR, DJOURNALIST. com– HMJ Fisika FMIPA UNM Periode 2017/2018 sedang mempersiapkan event terbesar mereka yaitu Gebyar Sivitas Fisika (GRAVITASI) 2018 dengan tema Mewujudkan Generasi Muda yang Inovatif, Kreatif dan Produktif dalam Bidang Sains dan Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Event ini diadakan pada tanggal 12-15 November 2018.

Kegiatan ini merupakan program pendukung pemerintah dalam hal ini institusi Universitas Negeri Makassar dalam mengembangkan potensi Pendidikan, Sains dan Teknologi bangsa Indonesia, Gravitasi hadir dalam bentuk lomba atau olimpiade untuk para pelajar tingkat SMP/Mts/SMA/SMK/MA dan juga Mahasiswa.

Selain itu terdapat pula bentuk non lomba, adapun paket-paket kegaitannya sebagai berikut, Olimpiade Fisika SMA Se-Sulselbar,
Olimpiade Fisika SMP Se-Sulselbar
Bursa Buku LKTIM Nasional, Lomba Fisika Tepat Guna (FTG) Se-Sulselbar dan Essay SMA Se-Sulawesi Seminar Nasional.

Ada yang berbeda dari Gravitasi tahun ini, yaitu sistem regional yang akan memperkenalkan event ini serta menjangkau sekolah-sekolah yang wilayahnya jauh dari kota Makassar.

“Sistem regional ini nantinya akan dinikmati oleh peserta yang daerahnya jauh dari kota Makassar, kita memberikan kesempatan kepada mereka-mereka yang tahun-tahun sebelumnya terkendala pada bagian akomodasi,dengan terjun langsung ke daerah-daerah regional yang telah ditetapkan” ungkap Suryadi Sudirja, selaku Ketua Panitia GRAVITASI 2018.

Jadi tahun ini panitia menyedikan beberapa lokasi Regional bagi peserta Olimpiade Fisika yang mana dapat diakses dengan mudah bagi para peserta dari daerahnya masing-masing.

Untuk masing-masing daerah meliputi, regional Majene-Kabupaten Majene, Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Mamasa, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Utara, dan Kabupaten Mamuju Tengah, berlokasi di LPMP Majene 28 Oktober 2018.

Regional Pare-pare, Kota Pare-pare, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Wajo, dan Kabupaten Barru, berlokasi di Kampus V UNM Pare-pare 28 Oktober 2018.

Regional Makassar, Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan, berlokasi di Ballroom Lt.2 Menara Phinisi UNM 31 Oktober 2018.

Regional Toraja – Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Enrekang, berlokasi di Kampus 1 Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, berlokasi 1 November 2018.

Regional Bone – Kabupaten Bone, Kabupaten Sinjai, dan Kabupaten Soppeng, berlokasi di SMAN 13 Bone 4 November 2018.

Regional Bantaeng – Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bulukumba, dan Kabupaten Kepulauan Selayar, berlokasi di SMAN 1 Bantaeng 4 November 2018.

Regional Palopo – Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur, berlokasi di SMAN 1 Palopo 4 November 2018.

Hal menarik lainnya juara 1-10 berhak maju ke semi final dan untuk kalian yang berada di peringkat 1, 2, dan 3 dari masing-masing regional biaya akomodasi akan ditanggung oleh pihak panitia.

Dan untuk kalian yang tidak masuk peringtkat 1-10 ihak panitia kembali akan merangking secara keseluruhan dari semua regional diluar dari 140 peserta yang lolos ke babak semi final dan nantinya akan dipilih nilai tertinggi pertama sampai nilai tertinggi ketiga dan juga berhak lolos ke semi final.

Harapan dari pihak panitia , adanya GRAVITASI 2018 ini bisa menjadi contoh untuk GRAVITASI ditahun mendatang dan jangkauannya bisa meluas sampai jenjang yang bukan hanya di Sulselbar namun sampai tingkat Nasional.

Jadi untuk kalian yang ingin Join dalam event ini, Info lebih lanjut mengenai pendaftaran dan lain-lain dapat kalian akses di Fb: Gravitasi Unm , Ig : @gravitasiunm, web: www.himafi-unm.org dan via email: gravitasiunm@gmail.com