Teliti Kinerja Rumah Sakit di Kota Makassar, Dosen Ekonomi UMI ini Raih Doktor

Teliti Kinerja Rumah Sakit di Kota Makassar, Dosen Ekonomi UMI ini Raih Doktor.

Teliti Kinerja Rumah Sakit di Kota Makassar, Dosen Ekonomi UMI ini Raih Doktor.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Internalisasi institusional teori mutu pelayanan kesehatan untuk mencapai kinerja rumah sakit, itulah judul disertasi Ratna Sari yang merupakan kepala Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi UMI yang menempuh studi program doktor di Universitas Hasanuddin Makassar.

Ratna Sari melakukan penelitian ini untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan kinerja Rumah sakit di kota Makassar.

Ada sekitar 15 Rumah sakit yang menjadi tempat penelitian yang terbagi atas type A dan B. dimana populasi penelitian ini adalah unit pelayanan kesehatan, bagian manajemen dan bagian keuangan Rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS dengan jumlah sampel 325 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan mempengaruhi kinerja rumah sakit. Dan ketika sumber pembiayaan memoderasi pengaruh isomorphic koersif dan isomorphic mimegic terhadap kualitas pelayanan kesehatan maka tidak terbukti jika sumber pembiayaan merupakan variabel yang memperkuat hubungan tersebut.

Selain itu, Ratna Sari dalam disertasinya memberikan saran bagi pemerintah, khususnya BPJS, sebaiknya menghadirkan regulasi yang memberikan ruang bagi pihak rumah sakit untuk memberikan pelayanan yg optimal bagi pasien. (**)