Kemenristekdikti Dukung Program Inovasi UMI Jadi Klaster Nasional

Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendapat dukungan dari Kemenristekdikti untuk akselarasi program inovasi jadi projek nasional.(foto:humas).

Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendapat dukungan dari Kemenristekdikti untuk akselarasi program inovasi jadi projek nasional.(foto:humas).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Inovasi baru di perguruan Tinggi Negeri mapun Swasta (PTN/PTS), di dalam negeri terus mengalami perkembangan yang harusnya direspons.

Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terus mendorong hilirisasi produk inovasi perguruan tinggi ke industri, sebagai bentuk support dan dukungan.

Tak terkecuali, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar juga mendapat dukungan dari Kemenristekdikti untuk akselarasi program inovasi jadi projek nasional.

“Kemenristekdikti RI akan mendorong kampus yang berpotensi bisa dikembangkan inovasi kedepannya. Termasuk UMI kita dorong untuk kembangkan program inovasi lebih baik,” kata Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Dr Ir Jumain Appe, M.si, saat menjadi narasumber di UMI Makassar, Rabu (23/1/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Jumain Appe, memaparkan sejumlah program yang dikelolanya, termasuk proses yang harus dijalankan.

Program yang dijalankan Dirjen Inovasi diantaranya, yaitu mengenai inovasi perguruan tinggi untuk industri. Jumain pun menegaskan bahwa di perguruan tinggi janganlah semata untuk pembelajaran, tetapi juga untuk menghasilkan inovasi.

Apalagi Perguruan Tinggi dituntut menghasilkan berbagai inovasi untuk kepentingan masyarakat dan perkembangan perguruan tinggi itu sendiri. Ia juga mendorong UMI untuk terus melakukan berbagai produk inovasi.

“Kerjakan apa saja yang bisa dilakukan. Penguatan inovasi dan daya saing perguruan tinggi harus dijalankan, kalau daya saing rendah maka produktivitas rendah, dampaknya pertumbuhan ekonomi rendah. Itu yang kita alami,” katanya.

Dr. Jumain mengungkapkan, untuk memanfaatkan pihaknya terus dorong kampus Swasta untuk melakukan inovasi, terutama dikaitkan dengan potensi yang dimiliki kampus tersebut.

“Ini kita siapkan langka-langka maka perguruan tinggi dituntut berkompetisi. Jika melakukan perubahan terhadap industri. Maka harus adanya kemampuan, adanya SDM dan IT,” tutup dia.

Rektor UMI Makassar, Prof Dr Basri Modding SE. MM dalam sambutannya mengatakan, UMI akan terus berinovasi dan bekerjasama dengan pihak Dikti untuk bersaing di nasional dan internasional.

Menurut mantan Direktur PPs UMI itu, proram pengutan inovasi di UMI akan dipersembahkan jadi klaster nasional di masa akan datang.

“Kami siap mengembangkan inovasi, dengan niat ihklas dan usaha keras. Kami siap jalankan. UMI ada beberapa ahli untuk membantu. Dan program pengutan inovasi kami, UMI siap jadi klaster nasional untuk program inovasi,” singkatnya. (Rilis)