Putri Dubes Qatar Raih Gelar Doktor Bidang Teknik di Unhas

Putri Duta Besar (Dubes) RI untuk Qatar, Sitti Wetenriajeng Sidehabi, akhirya resmi menyandang gelar Doktor. (Foto:ist)

Putri Duta Besar (Dubes) RI untuk Qatar, Sitti Wetenriajeng Sidehabi, akhirya resmi menyandang gelar Doktor. (Foto:ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Putri Duta Besar (Dubes) RI untuk Qatar, Sitti Wetenriajeng Sidehabi, akhirya resmi menyandang gelar Doktor, setelah menyelesaikan sidang promosi studi S-3 Pasca Sarjana dalam bidang Teknik Elektro yang bertempat di gedung JK CSA Building Kampus Fakultas Teknik Unhas-Gowa (Sulawesi Selatan) di hadapan para para promotor, co-promotor, dan penguji.

Gelar Doktor putri kedua Dubes Qatar, Muhammad Basri Sidehabi, yang turut hadir bersama istri di acara tersebut, diraih setelah berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Implementasi Mesin Pemilah Buah Markisa berdasarkan Tingkat Kematangan Berbasis Visi Komputer”.

Dalam disertasinya, Sitti Wetenriajeng Sidehabi menawarkan model proses pemilahan buah markisa yang tidak lagi dilakukan secara manual, tapi dilakukan dengan mesin yang dikontrol melalui sistem cerdas berbasis visi komputer. Sehingga hasilnya lebih efisien dari segi waktu dan tingkat kematangan buah markisa tetap optimal.

Model mesin proses berbasis computer tersebut mendapatkan pujian dan tuntas dengan hasil sangat memuaskan saat dibacakan yudisium oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr Ir Muhammad Arsyad, MT di ruang sidang.

” Dalam rangka ujian promosi, untuk meraih gelar Doktor dalam bidang Teknik Elektro, setelah mempertimbangkan atas pertanyaan dan sanggahan dari promotor, co promotor dan tim penguji menyatakan bahwa saudari Sitti Wetenriajeng Sidehabi dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan,” “kata Dekan Fakultas Teknik, Dr.Ir.Muhammad Arsyad,MT selaku ketua tim penguji.

Usai meraih gelar Doktor, Tenri- begitu ia akrab disapa mengungkap bahwa dirinya pribadi dan keluarga sangat bersyukur karena baginya kali ini rejeki yang berharga.

Menurutnya, apa yang telah ia lalui dengan promotor, ko-promotor dan penguji sudah cukup lama dan merasakan suasana batin untuk berbuat sesuatu yang penting dan gelar ini bukan untuk kesombongan tapi untuk masyarakat. Karena baginya, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Selain itu, ia juga tak lupa menyampaikan dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu dalam penelitian dan penyusunan disertasinya. Ia mengucapkan terima kasih kepada Promotor Prof Dr Ir Ansar Suyuti, MT IPU yang membimbingnya hingga menyelesaikan disertasinya, serta Co Promotor Dr.Eng.Intan Sari Aeni, ST,MT dan Dr.Ir. Ingrid Nurtanio,MT.

“Puji syukur Alhamdulillah, hari ini telah menyelesaikan promosi doktor, saya banyak-banyak bersyukur kepada Allah Swt, kepada kedua orang tua, keluarga, Rektor Unhas Prof Dwia, promotor, co promotor saya, para tim penguji serta semua sahabat yang hadir dalam promosi doktor ini. Semoga raihan gelar doktor ini berguna bagi orang banyak”ungkap Tenri.

Untuk diketahui jika Sitti Wetenriajeng Sidehabi merupakan lulusan doktor di Universitas Hasanuddin (Unhas) khususnya di Teknik Elektro yang ke-2. Hal tersebut dikatakan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr.Ir.Muhamad Arsyad,MT.

Promotor dan sekaligus ketua komisi penasehat yakni Prof.Dr.Ir.Ansar Suyuti,MT.IPU menyampaikan pesan bahwa, Sitti Wetenriajeng Sidehabi merupakan orang yang ulet dan rajin dalam mengejar ilmu pengetahuan dan tidak pernah menyerah untuk mencapai impian dan cita-citanya.

Putri Dubes Qatar yang juga istri dari Dr Indrabayu,ST MT (dosen Fak.Teknik Elektro Unhas) ini tak dapat menyembunyikan rasa kebahagiaannya pada saat mendapat ucapan selamat dari keluarga, kerabat, sahabat dan para koleganya usai menyelesaikan ujian promosi doktor dihadapan para penguji dan tamu undangan di lantai 3, Gedung JK CSA Kampus Teknik Unhas di Gowa.(**)