Hari Jadi Bone, PMB-UH Latenritatta Gelar Tudang Sipulung

Menyambut hari jadi Kabupaten Bone, Perhimpunan Mahasiswa Bone Unhas Latenritatta (PMB-UH Latenritatta) dengan forum intelektual menggelar tudang sipulung dalam ruang Mappasiduppa Rapang.

Menyambut hari jadi Kabupaten Bone, Perhimpunan Mahasiswa Bone Unhas Latenritatta (PMB-UH Latenritatta) dengan forum intelektual menggelar tudang sipulung dalam ruang Mappasiduppa Rapang.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Menyambut hari jadi Kabupaten Bone, Perhimpunan Mahasiswa Bone Unhas Latenritatta (PMB-UH Latenritatta) dengan forum intelektual menggelar tudang sipulung dalam ruang Mappasiduppa Rapang.

Hal ini disampaikan Abdi Mahesa selaku penggagas kegiatan tersebut ditemui di Saoraja Petta PonggawaE, Bola Soba Jl La Tenritatta No.1 Watampone 1 April 2019.

Menurutnya, kegiatan ini salah satu karsa dan sumbangsi para kader dalam mengisi dan menuangkan kapabilitasnya sebagai akademisi budaya dan hukum untuk Hari Jadi Bone.

“Mappasiduppa Rapang atau duduk berbanjar saling bertukar ide, gagasan dan wacana kreatif dalam melihat kondisi daerah yang membutuhkan daya dukung kualitas masyarakatnya yang kapabel. Semangat HJB bukan sekedar wacana seremonial tanpa sisi substansi terkait peristiwa sejarah yang mengiringi peradaban Bone,” pangkasnya.

Kegiatan Mappasiduppa Rapang inipun disambut positif dan diapresiasi oleh Kadis Kebudayaan Bone Ir Andi Promal Pawi. M.Si.

Menurut beliau, gagasan penuh oleh Mahasiswa Bone Unhas telah memberikan masukan dan stimulasi yang besar dalam mengawal pembangunan karakter masyarakat bone dari sisi adat istiadat dan pakem-pakem peradabannya.

Dengan mengangkat Tema “Menggagas Khazanah Warisan Peradaban Bugis Bone Melalui Eksplorasi Ilmu Pengetahuan” kegiatan ini juga merupakan Rangkaian kegiatan menjelang Anniversary PMB-UH Latenritatta ke 30 tahun.

Kegiatan Mappasiduppa Rapang yang merupakan representasi wujud budaya bugis yang harmonis dan solid akan dibawakan langsung oleh panelis dari Akademisi Budaya Dr Andi Muh Akhmar M Hum dan Akademisi Hukum Dr Yusdar Matareng M H yang masing-masing merupakan Alumni dan senior dari PMB-UH Latenritatta. (***)