UMI Makassar Jadi Tuan Rumah Olimpiade MIPA Perguruan Tinggi Nasional

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2019, (ON-MIPA 2019) resmi dibuka di auditorium Al Jibra, Jumat 26 April 2019.

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2019, (ON-MIPA 2019) resmi dibuka di auditorium Al Jibra, Jumat 26 April 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –
Pelaksanaan ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2019, (ON-MIPA 2019) merupakan perhelatan yang ke-11, dan UMI kembali diamanahkan sebagai tuan rumah 26-29 April 2019 di Universitas Muslim Indonesia.

Pelaksanaan ON MIPA diikuti 256 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dan siap berkompetensi mempertandingkan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi.

” Sudah tiga tahun kami dipercayakan menjadi tuan rumah olimpiade nasional, tentu ini suatu kebanggaan bagi kami bisa dipilih,”ujar Rektor UMI Makassar, Prof Dr H Basri Modding disela-sela pembukaan yang resmi dibuka Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti), Prof Ismunandar di Gedung Aljibra UMI, Jumat (26/4) malam.

Dalam sambutannya Prof Ismunandar mengatakan, ON MIPA menjadi upaya meningkatkan penguasaan iptek di kalangan masyarakat. Kemajuan iptek serta perubahan tatanan sosial menuntut penyesuaian kualitas pendidikan maupun kualitas pembelajaran.

” Lomba ini menjadi cara untuk meningkatkan penguasaan iptek di kalangan masyarakat, “kata prof Ismunandar.

ON MIPA juga diharapkan membangun kemampuan mahasiswa untuk meneliti dan menulis karya ilmiah di bidang yang diminati buat diri pribadi, masyarakat dan lingkungan.

Senada Ketua Panitia Penyelenggara H La Ode Husen menyebut kegiatan ini mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang matematika kimia dan biologi.

” Mereka bisa memperluas wawasan mahasiswa di bidang MIPA. Khususnya matematika kimia fisika dan biologi,”ujar Guru Besar Fakultas Hukum ini.

Selain itu, dikatakan peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah peserta terbaik hasil seleksi terbaik pada tahap satu dan kedua yang mendapat rekomendasi dari PT bersangkutan.

Sementara UMI sendiri mengirim dua orang mahasiswa yang lolos tahap seleksi dalam lingkup Wilayah IX Sulawesi.

“Tentunya prestasi ini meskipun jumlahnya kurang dari yang diharapkan, namun UMI, merupakan PTS yang terbanyak lolos dalam seleksi tahap kedua di wilayah IX Sulawesi,” tambahnya.

Adapun dua orang mahasiswa UMI, masing-masing Yulia Nuhra (Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI) lolos bidang Biologi dan Muhammad Imam Arif (Mahasiswa Fakultas Teknik UMI) lolos bidang Fisika. (**)