Dirjen Dikti: Penyelenggaraan ON MIPA Sangat Membanggakan

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2019 yang diselenggarakan di kampus II Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar resmi ditutup di Auditorium Al Jibra, UMI, Senin 29 April 2019.

Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2019 yang diselenggarakan di kampus II Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar resmi ditutup di Auditorium Al Jibra, UMI, Senin 29 April 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2019 yang diselenggarakan di kampus II Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar resmi ditutup di Auditorium Al Jibra, UMI, Senin 29 April 2019.

Sekedar diketahui, ON MIPA 2019 diikuti 82 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

Sebanyak 256 mahasiswa dari 82 Perguruan tinggi tersebut bersaing di ON MIPA 2019 26-29 April 2019 di Universitas Muslim Indonesia ( UMI) .

Dan hasilnya sangat membanggakan. UMI sukses menjadi tuan rumah. Pujian pun datang dari berbagai pihak. Salah satunya dari Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Direktorat Kemahasiswaaan Dirjen Dikti, Dr Misbah Fikrianto, MM, Msi.

” Terima kasih kepada semua pihak yang telah sukseskan penyelenggaraan ON MIPA 2019. Hasilnya membanggakan,”kata Dr Misbah ditemui usai penutupan ON MIPA 2019 di Auditorium Al Jibra UMI.

Meski begitu secara hasil perolehan medali masih didominasi perguruan tinggi besar seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

” Tapi secara bertahap Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga sudah mulai ada. Sudah mulai meningkat hanya memang tidak banyak,”tambahnya.

Dr Misbah berharap semua Perguruan Tinggi dan Pimpinan Perguruan Tinggi serta stakholder terkait bisa mendukung mahasiswanya baik yang juara maupun yang tidak.

” Harapan saya pertama adalah adanya suatu dukungan pimpinan Perguruan Tinggi, pemerintah daerah maupun lembaga layanan pendidikan tinggi untuk mendukung mahasiswa tidak hanya sebagai mahasiswa yang hanya ikut kompetisi tapi juga terus dilakukan pembinaan melalui workshop, sosialiasi, agar prestasi mahasiswa semakin bagus,”harap Misbah.

Sementara Rektor UMI Makassar, Prof Dr Basri Modding menambahkan, UMI sebagai PTS di luar pulau Jawa selalu siap jadi tuan rumah jika dipercayakan.

“Saya laporkan UMI selalu siap jadi tuan rumah jika diberi amanah kapanpun,” demikian kata mantan Direktur PPS UMI Makassar itu.

Pantauan Djournalist.com peraih medali terbanyak diraih Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB sukses membawa pulang tujuh medali emas pada ON MIPA 2019 kali ini.

Diantaranya tiga emas pada bidang Matematika, dua emas bidang Fisika, satu emas bidang Kimia dan satu emas bidang Biologi.

” Alhamdulillah bisa juara meski cuma juara III di Bidang Matematika. Karena ini pertama kali untuk saya jadi tingkat kesulitan hanya pas liat soal yang rumit dan belum terbiasa. Masih harus berusaha lagi dan menyiapkan diri karena akan ada seleksi lagi untuk ke seleksi Bulgaria di bulan Juni,” tutup Farras Mohammad salah satu pemenang dari ITB.(***)