Jalani Kuliah Dua Jurusan, Tak Halangi Raih Wisudawan Terbaik UMI

Sarina Sangkala. (foto:djournalist).

Sarina Sangkala. (foto:djournalist).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Doa dan restu orang tua merupakan hal yang paling utama bagi Sarina Sangkala untuk menyelesaikan studinya dengan sebaik mungkin.

Hal itu dibuktikan dengan kesuksesan Sarina menjadi wisudawan terbaik dengan IPK 3,94 di Universitas Muslim Indonesia (UMI).

” Dulu orang tua meminta saya untuk tidak usah kuliah karena terhambat biaya, karena orang tua hanya seorang petani. Tapi  saya punya keinginan untuk kuliah,” kata Sarina ditemui usai wisudah di Four Point Makassar, Senin 17 Juni 2019.

Perempuan kelahiran Maros 24 Juni 1997, mengutarakan bahwa di awal semester ia kuliah, dirinya juga bekerja paruh waktu sebagai penjaga toko. Menariknya, dalam waktu bersamaan ia disibukkan dengan studinya di dua jurusan sekaligus. Yaitu, Jurusan Akademi Bahasa Asing dan Pertanian.

“Menjalani kuliah pada dua jurusan membuat waktu saya cukup tersita. Itu menuntut saya dapat membagi waktu sebaik mungkin dan mengusahakan hasil yang sebaik-baiknya pada dua studi tersebut,” ungkapnya.

Bagi Sarina, menjadi lulusan terbaik tak semudah yang dibayangkan banyak orang.Pasalnya, ia hanya merupakan seorang anak petani dari Sangkala dan Sanati asal Kabupaten Maros.

Karena keinginan yang kuat Sarina harus bekerja di sebuah toko pakaian untuk membayarkan uang kuliahnya selama berada di UMI Makassar. Tak hanya itu, ia juga harus hidup sendiri dengan tinggal di rumah kos dengan makan seadanya agar bisa terus kuliah hingga selesai.

Sementara itu, Rektor UMI Makassar, Prof Basri Modding mengatakan, menjadi kebanggaan UMI Makassar kembali melahirkan alumni terbaik. Para alumni ini diharapkan mampu menjadi duta UMI di masyarakat dan memiliki peran luar biasa bagi kehidupan sekarang dan akan datang.

“Harapan kita alumni dia menjadi duta UMI di masyarakat dan mengabdikan diri, bahwa alumni UMI itu memilki peran luar biasa mengembangkan hari ini dan masa depan,” serunya.

Untuk Wisuda Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tahun 2019 mencetak sebanyak 2906 alumni. Alumni ini terdiri dari 17 program studi yang ada dengan jenjang pendidikan Sarjana, Master dan Doktor.(***)