Besok, Majelis Wali Amanat Unhas Tetapkan Rektor Periode 2018-2022

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Untuk pertama kalinya, Rektor Universitas Hasanuddin akan dipilih dan ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) Unhas.

Acara Pemilihan Rektor Unhas Periode 2018 – 2022 akan dilaksanakan dalam Rapat Terbuka Luar Biasa Majelis Wali Amanat, yang direncanakan berlangsung pada hari Kamis besok 1 Maret 2018, pukul 11.00 WITA di Ruang Rapat Senat, Lantai Dua Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea.

Pemilihan Rektor ini merupakan momentum bersejarah bagi Unhas, karena inilah untuk pertama kalinya Rektor akan dipilih oleh MWA, sesuai mandat yang ditetapkan dalam Statuta Unhas sebagai PTN Badan Hukum.

Rapat Terbuka Luar Biasa akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pada pukul 11.00 s.d. 13.00 WITA, akan didengarkan pendalaman dari visi dan misi masing-masing Calon Rektor.

Setelah itu, Majelis Wali Amanat yang berjumlah 18 orang akan melakukan Rapat Tertutup untuk membahas mekanisme pemilihan.

Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (P2R) telah menyiapkan dua skenario, yaitu skenario musyawarah mufakat (aklamasi) dan skenario pemungutan suara.

Jika MWA menyepakati untuk melakukan musyawarah mufakat (aklamasi), maka Rapat Terbuka akan dilanjutkan untuk membacakan hasil keputusan mengenai Rektor Terpilih yang disepakati berdasarkan hasil musyawarah MWA.

Namun jika Rapat Tertutup MWA menyepakati untuk dilakukan pemungutan suara, maka Rapat Terbuka akan dilanjutkan dengan proses pemilihan dan penghitungan suara.

Sebagaimana diketahui, Senat Akademik Unhas telah memilih tiga orang Calon Rektor Unhas Periode 2018 – 2022, yaitu (berdasarkan urutan alfabet), Abrar Saleng, Prof. Dr. Ir. SH, MH,
Dwia Aries Tina Pulubuhu, Prof. Dr. MA dan
Muhammad Ramli, Dr. Eng. Ir. MT.

Ketiga calon rektor akan memaparkan visi dan misi di hadapan Majelis Wali Amanat dan undangan lainnya. Acara pemaparan visi dan misi ini bersifat terbuka untuk undangan.

P2R telah mengirimkan undangan kepada seluruh anggota MWA, termasuk kepada M. Jusuf Kalla (dalam kapasitas sebagai Ketua Ikatan Alumni Unhas), yang juga merupakan Wakil Presiden RI.

Menurut informasi yang diterima oleh P2R, hingga saat ini Jusuf Kalla masih melakukan lawatan ke luar negeri, sehingga kehadirannya belum dapat dikonfirmasi.

Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang juga merupakan anggota MWA akan diwakilkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ristekdikti, Prof. Ainun Naim.

Setelah proses pemilihan, pelantikan juga akan dilaksanakan oleh Majelis Wali Amanat, yang direncanakan berlangsung pada bulan April 2018.(rilis)