Rektor UIM: Pendidikan Karakter Harus Berangkat dari Orang Tua!

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Rektor Universitas Islam Makassar Majdah Agus Arifin Nu’mang menjadi pembicara pada seminar nasional yang Program Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Watampone, Aula STAIN Watampone, Jumat 16 Maret 2018.

Dalam paparannya Majdah Agus membawakan materi tentang Implementasi pendidikan karakter dalam keluarga dan masyarakat, menurutnya dewasa ini istilah pendidikan karakter tidak muncul begitu saja, hal ini menjadi kebutuhan orang tua saat ini, mengingat arus modernisasi begitu kuat, olehnya itu untuk mewujudkan pendidikan karakter khususnya dalam keluarga, selalu berikan contoh yang baik pada anak.

“Bagaimana bisa kita menanamkan karakter pada anak kita, jika kita sebagai orang tua tak mampu memberikan suri tauladan,” sebut Majdah.

Selain itu orang tua harus selalu melibatkan anak dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, menanamkan kepercayaan diri, terapkan sistem ‘reward and punishment’, dan yang terakhir membiasakan dalam keluarga kerja sama.

Orang tua, terkhusus Ibu harus menjadi madrasah pertama bagi anaknya, sebagaimana ungkapan “Al Ummu madrasatul ula,” tambahnya.

Selain itu tampak hadir Prof Musdah Mulia, Prof Hamdan Juhanis, pimpinan STAIN Watampone, ratusan guru sekabupten Bone. (**)