Rektor Unhas Hadiri Pertemuan ASAIHL ke-148 di Soka University, Jepang

MAKASSAR, DJOURNALIST.com -Association of Southeast Asian Institute of Higher Learning (ASAIHL) merupakan asosiasi perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak tahun 1956.

Pada awalnya, asosiasi ini hanya beranggotakan perguruan tinggi dari negara-negara ASEAN saja, namun kini telah berkembang hingga mencakup juga perguruan tinggi dari Eropa, Amerika Serikat, dan Asia.

Konferensi ASAIHL saat ini berlangsung di Soka University, Jepang, tanggal 26 – 28 Maret 2018. Sebanyak 254 peserta dari 19 negara turut hadir dalam pertemuan ini.

Selain menggelar konferensi akademik, pertemuan ASAIHL juga membahas isu-isu strategis melalui Board of Trustees Meeting, dimana pimpinan dan anggota Board of Trustees berasal dari masing-masing satu negara Polandia, Iran, Perancis, Srilangka, Malaysia, Taiwan, Jepang, Malaysia, Brunei, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Iran dan Filipina.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA yang saat ini menjabat Vice President ASAIHL, juga adalah anggota Board of Trustees ASAIHL.

Pada Board Meeting ini, dibahas usulan penerimaan anggota baru, dimana proses untuk menjadi anggota ASAIHL ini terbilang kompleks.

Rektor Unhas berhasil memberikan dukungan untuk penerimaan Universitas Budi Luhur Jakarta sebagai anggota baru ASAIHL. Sementara salah satu universitas dari China dinyatakan belum dapat diterima dalam keanggotaan ASAIHL.

Board Meeting yang berlangsung pada Minggu, 25 Maret 2018 pukul 17.00 – 19.00 Waktu Jepang tersebut juga membahas rencana Konferensi ASAIHL mendatang, yang direncanakan berlangsung di kota Qazvin (Iran) oleh Islamic Azhad University tanggal 10-13 Desember 2018.

Konferensi mendatang akan mengambil tema “The Role of Private Universities on the Development of Higher Education in Developed Countries”.

Universitas Hasanuddin saat ini mengembangkan jejaring internasional melalui keterlibatan pada berbagai asosiasi dan kemitraan berskala regional dan global.

Konferensi ASAIHL pada bul.an Mei 2017 lalu diselenggarakan di Unhas. Pada bulan Juli 2017, Unhas juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Australia, Indonesia, Timor Leste University Networking. Sementara pada bulan November 2017, Unhas diterima sebagai anggota ASEAN – European Academic University Network (ASEAUNINET). (Humas)