Hari Pertama, Disdik Sulsel Klaim UNBK SMK Lancar

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai berlangsung Senin kemarin.

Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel mengklaim, hari pertama UNBK berlangsung lancar.

“Hari pertama UNBK tingkat SMK berlangsung lancar. Tidak ada kendala karena sudah diantisipasi semua lebih dulu,” aku H Basri, Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Sulsel saat dikonfirmasi, Selasa 3 April 2018

Basri menuturkan, simulasi-simulasi UNBK yang dilakukan setiap sekolah menunjang kelancaran UNBK tersebut.

Selain itu, ada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang juga berbasis komputer. Bahkan, panitia UNBK pusat dan provinsi juga menggelar gladi dengan melibatkan semua peserta UNBK.

Lalu, sekolah-sekolah yang teridentifikasi berada di remote area pun mengikuti UNBK secara lancar. Sekolah yang mengalami keterbatasan tersebut menumpang UNBK di sekolah yang siap.

“Mereka saling berkoordinasi dengan panitia lokal. Penyelenggara UNBK memang ada yang mandiri dan ada yang menumpang,” katanya.

Rata-rata, katanya, SMK yang ikut UNBK di sekolah lain merupakan sekolah swasta. Jumlah siswanya juga tidak banyak.

Basri juga sempat meninjau pelaksanaan UNBK. Dia memantau jalannya UNBK di Kabupaten Barru. Di sana, UNBK juga berlangsung lancar.

“UNBK ini ada proktor dan teknisi yang membantu setiap sekolah jika ada kendala,” terang Basri.

Terpisah, salah satu Kepala SMK yang dikonfirmasi pun mengakui UNBK yang lancar. Kepala SMKN 9 Makassar, Asnah mengatakan, UNBK di sekolahnya berlangsung aman.

“Lancar, jaringan internet dan listrik aman, jadi tidak mengganggu UNBK,” kata Asnah.

Lanjutnya, ada sekitar 339 siswa yang menjadi peserta UNBK. UNBK ditunjang dengan 120 perangkat komputer dan laptop. Sehingga, UNBK digelar dalam tiga sesi. Hingga berita dimuat, siswa untuk sesi ketiga masih menghadapi UNBK.

Data yang dihimpun dari Disdik Sulsel, ada 410 SMK negeri dan swasta dengan 40.460 siswa yang menghadapi UNBK tahun ini. Senin kemarin, siswa-siswa mengikuti UNBK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. (**)