Hari Ini,  Majelis Dewan Guru Besar PTNBH Seluruh Indonesia Gelar Pertemuan di Unhas

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Melanjutkan pertemuan forum Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum di Surabaya pada 5 April 2018 lalu, Majelis Dewan Guru Besar (MDGB) PTN Badan Hukum akan menggelar pertemuan di Universitas Hasanuddin hari ini, Senin, 30 April 2018.

Pertemuan ini diharapkan menjadi langkah strategis untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Guru Besar yang berbasis pada PTN Badan Hukum untuk mendukung kinerja masing-masing PTN Badan Hukum secara sinergis.

Pertemuan MDGB PTN Badan Hukum direncanakan akan dihadiri oleh seluruh wakil dari setiap Dewan Guru Besar dari 11 PTN Badan Hukum di Indonesia.

Menurut Sekretaris Dewan Guru Besar Unhas, Prof. Dr. rer. nat. Ir. A.M. Imran, seluruh PTN Badan Hukum sudah konfirmasi akan hadir.

Tujuan utama pertemuan ini adalah merangkum pemikiran para guru besar sebagai bahan masukan ke pemerintah pusat terkait beberapa isu strategis nasional.

Selain itu, pertemuan ini secara khusus akan membicarakan tiga fokus isu, yaitu kelembagaan MDGB PTN Badan Hukum, program kerja MDGB PTN Badan Hukum, dan rekomendasi kebijakan untuk penyempurnaan draft Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PTN Badan Hukum.

Pembahasan kelembagaan MDGB PTN Badan Hukum akan dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Yusram Massijaya, MS dari Institut Pertanian Bogor. Ahli biokomposit ini dipercaya sebagai Ketua MDGB PTN Badan Hukum.

Setelah itu, forum akan mendengarkan pandangan dari setiap wakil PTN Badan Hukum mengenai rancangan program kerja serta pembagian tugas dari masing-masing PTN Badan Hukum.

Sesi ini akan dipandu oleh Ketua Dewan Guru Besar Unhas, Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, SH, MH.

Selanjutnya, diskusi mengenai draft hasil perbaikan RPP PTN Badan Hukum akan dipandu oleh Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo, SH, MA. Guru Besar dalam bidang Hukum Pidana Universitas Indonesia ini aktif di Komisi Hukum Nasional, Kementerian Hukum dan HAM.

Di sela-sela pertemuan juga akan diluncurkan secara resmi website MDGB PTN Badan Hukum yang diharapkan akan menjadi wadah komunikasi dan sharing informasi bagi sesama guru besar dari 11 PTN Badan Hukum seluruh Indonesia.(rilis)