Gelar Kehormatan Wapres JK Dalam Bidang Pemikiran Politik Islam

UMI menganugerahkan gelar Doktor kehormatan (Doctor Honoris Causa) kepada Wakil Presiden RI H M Jusuf Kalla dalam bidang Pemikiran Politik Islam.

UMI menganugerahkan gelar Doktor kehormatan (Doctor Honoris Causa) kepada Wakil Presiden RI H M Jusuf Kalla dalam bidang Pemikiran Politik Islam.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Universitas Muslim Indonesia (UMI) merayakan milad-nya ke-64, Sabtu 23 Juni.

Di hari yang sama UMI menganugerahkan gelar Doktor kehormatan (Doctor Honoris Causa) kepada Wakil Presiden RI H M Jusuf Kalla dalam bidang Pemikiran Politik Islam.

Gelar doktor kehormatan yang diterima ini merupakan yang ke-12 atas dedikasi dibidang pemikiran politik islam.

Gelar doktor kehormatan tersebut diberikan langsung Rektor UMI Prof Masrurah Mokhtar.

” Keputusan pemberian gelar kepada beliau tidak lahir begitu saja, tetapi melalui kajian yang serius dan mendalam oleh anggota senat Universitas, setelah mempelajari nilai dan mempertimbangkan gagasan, semangat dan jasa beliau antara lain, terkait dengan kebijakan strategi dalam bidang bidang pemikiran politik,”kata Rektor UMI, Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA dalam Rapat Senat Terbuka di Auditorium AlJibra Kampus II UMI Makassar.

Masrurah menyebut, JK merupakan sosok ekonom dan politikus yang tak hanya berteori, namun juga terlibat langsung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Beliau adalah tokoh yang memiliki karakter dan konsisten mengatasi masalah yang terjadi, mengupayakan perdamaian di beberapa daerah yang rawan. Berbagai terobosan dan kebijakan beliau mendapat pengakuan baik dalam maupun luar negeri, langkah pemberian gelar kehormatan ini merupakan hal pertama dilakukan oleh UMI sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada setiap anak bangsa yang telah berjasa bagi kemajuan bangsa,”tambahnya.

Sementara itu, Wapres JK berharap, penganugerahan di bidang pemikiran politik islam khususnya tentang Prinsip Islam bagi penguatan semangat kebangsaan memberikan kontribusi terhadap upaya penguatan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI yang kita cintai ini.

” Penganugerahan gelar ini juga bertepatan dengan ulang tahun UMI, karena itu saya ingin mengucapkan selamat Milad ke 64 UMI dengan usia 64 tahun UMI menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di tanah air, dan kita semua bersyukur atas kemampuan UMI bertahan dan berkembang di tengah perubahan dan gejolak zaman,”ujar JK.

” Atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas jasa dan pengabdian UMI yang turut memajukan umat dan bangsa Indonesia melalui pendidikan tinggi yang berkualitas bagi anak- anak bangsa. Semoga UMI semakin maju dan berjaya dalam perjalanannya hari ini dan ke depan, sehingga pengabdiannya pada umat, bangsa dan negara semakin meningkat lagi,”tambahnya. (**)