PPDB Tingkat SD Dimulai Besok

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)‎ tingkat Sekolah Dasar (SD) Kota Makassar akan dimulai besok Senin 2-4 Juli 2018 untuk jalur non zonasi. Sementara jalur zonasi dibuka pada 4-10 Juli 2018.

Namun dalam proses pendaftarannya, beberapa sekolah menggunakan sistem online dan sebagiannya lagi menggunakan sistem ofline atau pendaftaran secara manual.

Plt Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Hasbi mengatakan, bahwa PPDB tingkat SD juga diberlakukan sistem zonasi dan non zonasi.

“Ya! Kita tetap berlakukan sistem zonasi dan non zonasi. Beberapa sekolah itu tetap sistem online sesuai dengan kapasitas mereka,” kata Hasbi, saat dihubungi via telepon, Minggu 1 Juli 2018.

Jalur zonasi, kata Hasbi, terbagi tiga yaitu jalur domisili, prasejahtera dan inklusi. Sementara jalur non zonasi yaitu prestasi dan luar daerah.

Diketahui bahwa jalur zinasi yaitu jalur yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili di sekitar sekolah dengan zona yang diatur sesuai dengan kewenangan Dinas Pendidikan.

“Kalau non zonasi seperti prestasi itu anak-anak yang berprestasi diberikan kesempatan untuk memilih sekolah yang diinginkan. Sementara jalu luar daerah itu seperti anak dari pulau atau anak-anak yang tinggal di perbatasan kota,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa pengumuman kelulusan dilakukan pada 5-7 Juli 2018, sekaligus proses pendaftaran ulang siswa untuk jalur non zonasi.‎  Sementara jalur zonasi  pengumanan serta pendaftaran ulang dibuka 11-14 Juli.‎

Lebih lanjut, Hasbi menyebut, pendaftaran PPDB online jenjang SD dan SMP mulai dibuka secara serentak pada 2-4 Juli untuk jalur non zonasi. Kemudian pengumuman sekaligus pendaftaran ulang dibuka pada 5-7 Juli.  (**)