Setelah Apple Tree Pre-School, Kini Hadir Stella Gracia School di Makassar

Director Stella Gracia School Makassar, Golda,

Director Stella Gracia School Makassar, Golda Titing.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Setelah mendirikan sekolah bertaraf internasional untuk tingkat pendidikan anak usia dini hingga ke tingkat taman kanak-kanak yang diberi nama Apple Tree Preschool, Golda Titing juga mendirikan dua

Sekolah Ini pertama kali dibuka di Pekanbaru. Stella Gracia school Makassar ini merupakan sekolah lanjutan dari Apple Tree Preschool.

“Kalau kita sebutnya sekolah ini itu premarinya Apple Tree. Kakaknya lah ya. Kurikulum yang kita gunakan juga sama, Begitu juga dengan kesehariannya yang biasanya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Mandarin,”ujar Director Stella Gracia School Makassar, Golda, Kamis 23 Agustus 2018.

Terkait kurikulum yang digunakan, Stella Gracia School ini mengembangkan kurikulum Nasional 2013 Indonesia digabungkan dengan kurikulum Singapura.

sekolah bertaraf internasional untuk tingkat Sekolah Dasar. Sekolah tersebut diberi nama Stella Gracia School Makassar.

sekolah bertaraf internasional untuk tingkat Sekolah Dasar. Sekolah tersebut diberi nama Stella Gracia School Makassar.

Diketahui bahwa Stella Gracia school Makassar ini berlokasi di Ratulangi point lantai 6-7, Jalan DR Sam Ratulangi, Kota Makassar. Namun saat ini lokasi tersebut masih bersifat sementara. Pasalnya gedung yang akan digunakan saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Salah satu motivasi, Golda untuk mendirikan sekolah ini di Kota Makassar, itu berdasarkan pengalaman yang di dapatkan ketika mengunjungi Stella Gracia School di Pekanbaru. Serta permintaan Para orang tua siswa yang telah menyekolahkan anaknya di Apple Tree Pre-School untuk dibuatkan sekolah lanjutan bagi anak-anaknya.

“Saya benar-benar tertarik dengan sistem pembelajaran mereka. Anak-anak benar-benar dilatih untuk mandiri. Selain itu mereka juga dilatih untuk sangat aktif dan interaktif. Bagaimana mereka berkomunikasi dengan teman-temannya, cara mereka melayani teman-temannya atau membantu teman-temannya. Itu membuat saya berpikir bahwa ini sekolah ini yang dibutuhkan di Kota Makassar,” jelasnya.

Selain itu sistem pembelajaran yang digunakan diibaratkan sebagai sebuah perusahaan di mana gurunya bertindak sebagai manajer, di mana anak-anak diberikan bentuk menjadi tim, kemudian diberikan suatu keys maslah untuk dicari solusinya.

Stella Gracia School mengutamakan proses berpikir pada siswa dengan cara yg cooperative yaitu setiap siswa berpartisipasi aktif dalam setiap proses pembelajaran.

“Anak-anak dituntut untuk bisa memberikan tanggapan disertai dengan alasan. jadi anak tidak boleh memberikan sesuatu jawaban atau tanggapan tanpa ada alasannya. Menurut saya itu sangat bagus karena cara itu anak-anak bisa dilatih untuk berpikir,” tambahnya.

Selain itu anak-anak juga diajarkan bagaimana bisa mempertimbangkan dan menerima saran orang lain, ketika dirinya melakukan sebuah kesalahan.

“Saya ingat waktu saya berkunjung ke Pekanbaru saat itu ada anak yang posisi kancing bajunya itu salah dan itu tidak langsung ditegur atau diperbaiki oleh gurunya. Anak itu dilatih untuk berpikir, dia diminta untuk memperhatikan antara gaya pakaiannya dengan gaya pakaian temannya. Lalu diaa ditanya apa yang salah dari pakaiannya, barulah anak itu sadar bahwa posisi kancing bajunya salah,” tambahnya.

Di sekolah ini anak-anak diajarkan nilai moral melalui aktifitas yang tiap hari dilakukan baik di rumah maupun disekolah.

“Anak diajarkan untuk saling membantu. Contohpada saat jam makan siang, dalam satu tim itu mereka membagi tugas, ada yang ambilkan piring untuk temannya, ada yang tuangkan makanan untuk temannya. Jadi mereka benar-benar terbiasa untuk saling membantu dan tentu hal itu akan berdampak baik sampai ke rumah,” jelasnya.

Golda, mengatakan bahwa setelah sekolah bertaraf internasional tingkat Pre-School dan Sekolah Dasar ini, ia juga berniat mendirikan sekolah yang sama untuk tingkat SMP dan SMA.

Sementara untuk tenaga pengajar juga didatangkan dari Jawa. meski demikian golda tetap berniat untuk merekrut tenaga pengajar lokal di Kota Makassar, namun hingga saat ini kriteria yang dibutuhkan belum bisa dipenuhi oleh tenaga pengajar lokal.

Diketahui, dua tahun kedepan pembangunan gedung Stella Gracia school kota Makassar di Jalan. Metro Tanjung Bunga akan dirampungkan.