Deadline Pembenahan UIT Makassar Jatuh Tempo Hari Ini

Ilustrasi. (Foto:ist)

Ilustrasi. (Foto:ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Deadline pembenahan Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar jatuh tempo, Kamis 8 November hari ini.

Humas UIT Makassar, Zulkarnaen Hamson mengaku, UIT Makassar sudah memenuhi instruksi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenritekdikti) terkait perbaikan data kampus.

“Tanggal 5 sudah diserahkan ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti). Hari ini juga sudah diserahkan di Jakarta. Kami sisa menunggu hasilnya,” aku Zulkarnaen, Rabu 7 November 2018.

Bahkan, pegawai kantor staf khusus presiden tengah berada di Dikti untuk memastikan semua proses berjalan. Karena itu, UIT Makassar berharap pemerintah melakukan kerja kemitraan yang dialogis.

“Kalau ada kesalahan administratif mohon dilakukan pembimbingan agar kesalahan bisa diperbaiki,” tandasnya.

Sebelumnya, LL DIKTI Wilayah IX Sulawesi masih menemukan ketidakcocokan data mahasiswa Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar.

Kepala Bagian Kelembagaan dan Sistem informasi LLDIKTI IX Sulawesi, Munawir Razak mengatakan, data mahasiswa yang tak cocok ditemukan berdasarkan proses verifikasi.

“Proses verifikasi sudah selesai, tapi data mahasiswa aktif masih ada yang belum cocok antara data di PDPT dengan data di masing-masing program studi,” kata Munawir.

Menurutnya, LL Dikti hanya memverifikasi data bagi mahasiswa yang aktif saja. Sementara, verifikasi itu tidak dilakukan terhadap 992 mahasiswa yang tak terdaftar di PD Dikti dan 1.830 alumni yang diwisuda pada 2015-2016 dengan data yang tidak lengkap.

“Karena rekomendasi dari kementerian jelas ke UIT untuk mencabut semua ijazah lulusan UIT tersebut. Jadi, yang kami verifikasi adalah data mahasiswa yang aktif saja, termasuk mendata yang mau mengajukan pindah,” tandasnya.

Kepala LLDIKTI IX, Prof Jasruddin MSi mengatakan, Kemenristekdikti akan bersikap objektif dalam menilai upaya UIT dalam melakukan perbaikan sebelum batas waktu 8 November 2018.

Prof. Jasruddin menjamin penilaian Kemenristekdikti tidak akan dipengaruhi oleh berbagai manuver yang dilakukan oleh pihak manapun terkait permasalahan di UIT.

“Keputusan Kemenristekdikti apakah menjatuhkan sanksi pencabutan izin bagi UIT atau tidak, sepenuhnya ditentukan oleh sejauh mana kesungguhan UIT dalam melakukan perbaikan-perbaikan sesuai rekomendasi Kemenristekdikti,” tegasnya. (**)