Lagi, 4 Prodi S-1 Unhas Terakreditasi Internasional AUN-QA

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Sekretariat AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) yang berpusat di Bangkok Thailand menyampaikan hasil kunjungan visitasi AUN-QA ke Unhas yang dilaksanakan pada tnaggal 27-29 Nopember 2018 lalu. Keputusan akhir terkait hasil visitasi disampaikan dalam bentuk AUN-QA Programmme Assessment Report untuk 4 prodi.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D mengatakan, hasil akhir kunjungan visitasi untuk 4 prodi yang mengikuti asesmen AUN-QA batch 4 itu diterima seara resmi Senin, 11 Maret 2019.

“Semua prodi yang divitasi pada batch 4 memenuhi kriteria atau standar AUN-QA sehigga 4 prodi tersebut memperoleh pengakuan sebaga prodi terakreditasi internasional. Berlaku selama 5 tahun,” kata Suharman.

AUN-QA menugaskan 9 asesor dari 4 negara (Thailand, Malaysia, Philipina dan Vietnam) selama 3 hari menilai 11 kriteria yang menjadi persyaratan standar AUN-QA. Empat prodi yang mendapatkan pengakuan internasional ini adalah Prodi Manajemen FEB, Arsitektur FT, Agribisnis Fak. Pertanian dan Pendidikan Dokter Gigi FKG.

“Dengan pengakuan internasional ini, Unhas sampai saat ini telah memiliki 13 prodi yang mendapatkan pengakuan dari AUN-QA serta 2 prodi terakreditasi ABEST 21. Sehingga jumlah prodi Unhas yang terakreditasi internasional sebanyak 15 prodi ” kata Suharman.

Sebagai informasi, untuk tahun 2019 ini, Unhas masih akan menerima kunjungan visitasi dari 2 lembaga akreditasi internasional yaitu AUN-QA (4 prodi) dan ABET (2 prodi). Selain itu, Unhas juga menunggu hasil visitasi lembaga akreditasi ASIIN yang telah berkunjung ke Unhas bulan februari lalu juga untuk 4 prodi.

Rektor Unhas menyampaikan selamat kepada 4 prodi yang telah memperoleh pengakuan AUN-QA. Hasil ini diperoleh karena kerja keras secara bersama dan dukungan semua pihak.

“Terima kasih untuk seluruh pihak yang telah memberikan dukungan baik jajaran pimpinan universitas, MWA, Senat Akademik, lembaga/satuan, Fakultas, Task force, tenaga kependiidkan, mahasiswa, alumni dan seluruh pemangku kepentingan. Tentu ini menjadi kebanggaan Unhas namun juga sekaligus menjadi tantangan berat untuk Unhas dalam memberikan layanan pendidikan terbaik untuk masyarakat. (**)