Unhas-Pelindo IV Sepakati Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Universitas Hasanuddin (Unhas) menjajaki kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Universitas Hasanuddin (Unhas) menjajaki kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Universitas Hasanuddin (Unhas) menjajaki kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Kantor Pelindo IV Jl Soekarno No.1 Makassar, Selasa (12/3/2018).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Mahasiswa Unhas, Sampara, ST MM bersama sepuluh perwakilan perguruan tinggi di Makassar yang juga menjalin kerja sama dengan Pelindo IV Makassar.

Sampara mengatakan, kerja sama ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Unhas karena mendapatkan pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja. Selain itu, selama magang mahasiswa juga diberi insentif.

“Sekarang ada empat perwakilan mahasiswa Unhas yang magang di Pelindo IV. Ke depan kita akan tingkatkan kepesertaan dan waktunya kita sesuaikan lagi dengan kesiapan mahasiswa,” ungkap Sampara.

Sementara itu, Direktur SDM PT Pelindo IV, M Asyhari meminta kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi yang hadir untuk mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaik untuk magang di Pelindo IV.

Selanjutnya, Ia mengatakan, PMBB ini adalah bentuk kolaborasi antara perguruan tinggi dan BUMN untuk menyiapkan sumber daya manusia. Hingga 2020, BUMN menargetkan ada 11.000 mahasiswa yang magang di 114 BUMN yang ada di Indonesia.

“Program ini adalah suatu kesatuan dan merupakan program besar pemerintah Republik Indonesia. Komitmen Indonesia yaitu pembinaan dan kompetensi SDM yang merupakan investasi untuk mempersiapkan masa depan bangsa,” kata Asyhari.

Dalam kesempatan ini, Asyhari juga menjanjikan sertifikat kelulusan bagi seluruh peserta magang yang memenuhi kompetensi dan kriteria PT Pelindo IV. Sertifikat ini kemudian bisa disesuaikan di masing-masing universitas, misalnya digunakan untuk pengganti KKN.

Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan bisa menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak. Pada kesempatan ini, Unhas bisa melihat dan menyiapkan kurikulum yang sesuai dengan permintaan industri saat ini. Tujuannya tak lain adalah menyiapkan alumni untuk mengabdi ke BUMN.

“Untuk Pelindo IV sendiri, program magang ini juga menjadi informasi awal untuk proses rekrutmen karyawan. Jadi dari awal bisa dipersiapkan, baik dari pihak perguruan tinggi maupun BUMN,” kata Asyhari.

Asyhari menambahkan, Pelindo IV menjadwalkan penerimaan mahasiswa magang gelombang kedua pada Juli 2019.(rilis)