UNM Gelar FGD tentang Pengembangan Hasil Penelitian

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Mahasiswa Program Studi Doktoral Pendidikan Vokasi dan Keteknikan Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Focus Group Discussion (FGD) tentang pengembangan hasil penelitian. Kegiatan itu digelar di Hotel Remcy, Selasa 8 Juni 2021.

Pada sesi pertama Muhammad Yassir, yang bertugas sebagai widyaiswara pada Badan pendidikan dan pelatihan Provinsi Sulawesi Selatan mempresentasikan pengembangan hasil penelitiannya dengan judul Model Asesment for Learning berbasis HOTS SIAVO, dalam FGD ini Muhammad Yassir menjelaskan bahwa Model Assesment for Learning berbasis HOTS SIAVO adalah model Assesment yang valid, praktis,dan efektif untuk diterapkan di SMK.

“Sehingga harapan kedepannya model assesment ini dapat diterapkan baik di SMK maupun di perguruan tinggi,”kata Yassir.

Selanjutnya, Rahmat Mahmud, Guru SMK Telkom Makassar melaksanakan FGD hasil penelitian dengan judul Pengembangan Model Pembelajaran Being Success. Sebagai Guru di SMK Telkom, dalam FGD ini Rahmat Mahmud menjelaskan bahwa Model pembelajaran Being Success adalah model pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan di SMK.

“Sehingga harapan kedepannya model pembelajaran ini juga dapat diterapkankan baik di SMK maupun di perguruan tinggi,”ucapnya.

Terakhir, Muhammad Komeini Guru SMK Negeri 3 Makassar mempresentasikan FGD pengembangan hasil penelitiannya dengan judul Pengembangan Model Kelistrikan Otomotif Berbasis Open Ended. Dalam FGD ini Muhammad Komeini menjelaskan bahwa model pembelajaran kelistrikan otomotif berbasis open ended di SMK adalah model pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.

“Sehingga harapan kedepannya model pembelajaran ini dapat diterapkan baik di SMK maupun di Perguruan tinggi,”jelasnya.
Dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa tim ahli (expert) di antaranya adalah: Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.T., IPU (selaku Rektor UNM), Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, M.Pd, (selaku Direktur pascasarjana UNM), Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU, (selaku Dekan Fakultas Teknik UNM), Prof. Dr. Purnamawati, M.Pd., (selaku Ketua Program Studi S3 Pendidikan Vokasi dan Keteknikan UNM), Prof. Dr. H. Syahrul, M.Pd., dan Dr. Hj. Hasanah Nur, M.T.