Unhas Kerjasama Dalam Bidang Tridarma Bersama Tujuh Mitra

Universitas Hasanuddin sepakat mengadakan kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi bersama tujuh mitra. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) dan perwakilan dari para mitra.

Universitas Hasanuddin sepakat mengadakan kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi bersama tujuh mitra. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) dan perwakilan dari para mitra.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Universitas Hasanuddin sepakat mengadakan kerja sama dalam bidang pengembangan tridarma perguruan tinggi bersama tujuh mitra. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) dan perwakilan dari para mitra.

Penandatangan berlangsung, Kamis 2 September 2021 secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 secara ketat di Ruang Senat, lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea.

Prosesi penandatangan berlangsung antara Rektor Unhas bersama pimpinan dari masing-masing mitra, yaitu:

1. Pemerintah Kota Parepare (oleh Walikota Dr. H.M. Taufan Pawe, SH, MM),
2. Pemerintah Kabupaten Pangkep (oleh Bupati Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi, M.Si),
3. Pemerintah Kabupaten Luwu Utara (oleh Bupati Indah Putri Indriani, S.IP, M.Si),
4. Palang Merah Indonesia Wilayah Sulsel (diwakili oleh Wakil Ketua Bidang UDD & RS, dr. Kusrini A. Pasinringi, MMR),
5. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX (oleh Prof. Dr. Jasruddin, M.Si),
6. Universitas Muhammadiyah Makassar (oleh Rektor Prof. Dr. H Ambo Asse, M. Ag)
7. PT Bank Sulselbar (oleh Direktur Amri Mauraga).

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyambut hangat para mitra Unhas. Beliau menyatakan kebanggaan dan apresiasinya, karena kehadiran para mitra menunjukkan komitmen yang sama untuk berkolaborasi meningkatkan pembangunan Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menambahkan sebagai Universitas tertua di Sulsel, Unhas memiliki peran dan tanggungjawab dalam mendorong perguruan tinggi maupun daerah sekitarnya untuk sama-sama mencapai kemajuan. Olehnya itu, kolaborasi dengan berbagai mitra merupakan satu keharusan.

“Kami siap mendesain pembangunan sesuai kebutuhan daerah dan mitra. Unhas ini bisa dianalogikan sebagai dapur, dimana kami menyiapkan makanan sesuai kebutuhan. Tentu kami sesuaikan potensi SDM yang kami miliki. Unhas mempunyai tanggungjawab untuk turut mendukung pula perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta,” kata Prof. Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Parepare Taufan Pawe dalam sambutannya mengatakan Unhas merupakan mitra terbaik yang memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan SDM di wilayahnya.

“Sejak 2014, Unhas telah berkontribusi dan membuka ruang kolaborasi dengan kehadiran Institut Teknologi Habibie di Parepare,” kata Taufan.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyebutkan bahwa Unhas memiliki peran penting dalam mendukung wilayah Luwu Utara utamanya dalam pengembangan pertanian.

“Tidak hanya itu, Unhas juga membantu kami melalui Puslitbang Kebencanaan untuk melihat potensi pasca dan upaya penanggulangan bencana,” kata Indah.

Penandatangan MOU antara Unhas dan ketujuh mitra ini berlangsung lancar hingga pukul 12.00 WITA.